Minggu, 10 Januari 2010

Arti Penting Sebuah Blog


Dewasa ini, blog tidak hanya dibuat dan digunakan oleh seseorang yang kesehariannya bekerja dan berkutat di depan komputer, tetapi kini banyak kalangan yang memanfaatkan blog. Dan diantara kebanyakan orang itu adalah pelajar dan mahasiswa. Nah, sebelum kita tahu seberapa penting arti sebuah blog, maka kita perlu menoleh dulu sejenak, apa tujuan pertama kita ngeblog. Apakah kita ngeblog hanya untuk mengisi waktu? ataukah untuk menuangkan ide-ide kreatifitas? sebagai teman curhat? sebagai promosi usaha? atau mungkin hanya iseng untuk mencari dolar? ataukah hanya membuat blog untuk keperluan mengikuti kompetisinya Djarum Black saja? Hm..mungkin hanya kita sendiri yang tau apa tujuan pertama kita.
Di jagat maya ini, banyak sekali penyedia layanan blog yang gratisan alias tidak berbayar, karena inilah yang paling digandrungi, kita tidak perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk mempunyai blog, cukup menyediakan komputer dan koneksi internet. Diantaranya blogspot.com, blogsome.com, wordpress.com dan multiply.com, tapi menurut analisa saya sendiri, blogspot.com atau lebih sering disebut blogger.com adalah salah satu penyedia layanan blog yang paling mudah, dan paling bersahabat dengan yang namanya google adsense.

Nah, kembali ke laptop... eh.. kepada tujuan kita ngeblog. Bila kita seorang  mahasiswa, tentunya blog bisa dijadikan media penukaran ilmu, sharing ilmu, sesuai dengan jurusan kuliah yang kita ambil. Misalkan, anda sedang kuliah jurusan teknik mesin semester 1, lalu membuat blog berisi tentang materi kuliah, anda kelompokkan per jenis bahasan sesuai mata kuliah yang didapat, dan jika anda tetap eksis dan mengupdate blog anda sampai anda semester akhir, bahkan sampai anda lulus, tak dapat dibayangkan, anda akan mempunyai beratus judul tulisan tentang teknik mesin yang anda buat sendiri, bahkan bisa melebihi tulisan yang dibuat oleh dosen anda. Bukan tidak mungkin, bila tulisan anda sangat bermutu nantinya bisa dicetak dan dijadikan buku.  Tentunya jika kita melakukan dengan sungguh-sungguh, tak ada kata tak mungkin, iya kan?

Contoh lagi, bila kita membuat blog hanya untuk mengikuti Djarum Black Blog Competition saja, walaupun terbilang sepele.. masak sih, buat blog hanya untuk keperluan kompetisi... Eit,eit jangan salah, dengan kita mengikuti kompetisi, apalagi yang ngadain Djarum Black kita akan termotivasi untuk membuat tulisan-tulisan yang sebelumnya tak pernah kita bayangkan.

Kita dituntut untuk membuat tulisan tentang pandangan kita terhadap sesuatu hal yang secara tidak langsung mengajarkan kita untuk selalu memikirkan dan memikirkan kembali apa apa yang ada di depan kita, apa yang terjadi di keseharian kita. Yang terpenting juga dalam mengikuti kompetisi ini, kita bisa mendapatkan banyak ilmu, banyak hal baru, misalnya dalam Blackinnovationawards kita bisa melihat penemuan-penemuan baru, ide-ide kreatifitas yang baru yang merupakan karya anak negeri.

Dari contoh kecil tersebut, bila tujuan ngeblog kita baik, maka blog itu dapat menjadi penting. Blog bisa menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari keseharian kita. Karena blog menjadi salah satu sarana untuk menyalurkan ide-ide kita, sharing ilmu yang kita punya, yang secara tidak langsung ketika ada sesorang yang membaca bisa memanfaatkan ilmu yang ada di blog kita tersebut. Dan bila kita menggunakan blog untuk urusan bisnis kita, tentunya blog bisa menjadi salah satu alternatif pemasaran yang murah dan efisien.

Nah, seberapa penting arti blog bagi anda?

5 komentar:

AriE ONly mengatakan...

yups. banyak nulis dan banyak baca dari blogger2 lainnya bisa membuat kita pintar dan update ilmu...

blogging itu memang asik...

ichaelmago mengatakan...

arti blog itu..
yang utama adalah untuk mengisi waktu luang :D

em sholikhan mengatakan...

@ AriE & ichaelmago... yup..lanjutkan..!!

Arief Masqulin mengatakan...

pertama2 saya membuat blog cuma buat masang iklan doang, hehehe :D

lama tak diurus, 2thn kemudian ada tugas blogging dari dosen. terus kembali membuka blog yg udah buluk... :o

(jadi teringat awal blog menggunakan template Son of Moto :D)

MASQULIN.BLOGSPOT.COM

em sholikhan mengatakan...

@ Arief.. ayo.. semangat ngeblog..hehe

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar yang membangun, terimakasih