Selasa, 29 Desember 2009

Kudus Kotaku, Kota Kretek


Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, bahwa saya dilahirkan di Kota Kudus. Kudus adalah sebuah kabupaten kota terkecil di Jawa Tengah, dengan hanya memiliki 9 kecamatan. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Demak dan Grobogan di sebelah selatan, Jepara di sebelah barat dan Pati di sebelah timur. Kudus dikenal sebagai Kota Kretek, karena di Kudus terdapat beberapa industri rokok yang besar. Selain Kota Kretek, Kudus disebut juga dengan Kota Santri, karena Kudus pernah menjadi salah satu pusat perkembangan agama islam, hal ini dapat dilihat dari terdapatnya dua Makam Wali, yaitu Sunan Kudus dan Sunan Muria. Berbicara tentang Kota Kretek, Kudus mempunyai sebuah museum yang dinamakan dengan Museum Kretek.

Museum Kretek dibangun dengan tujuan untuk menunjukkan bahwa kretek berkembang pesat di kudus. Dalam Museum ini terdapat sejarah tentang kretek, preses pembuatan rokok kretek dari yang manual sampai yang menggunakan teknologi moderen. Museum Kretek di kudus adalah satu-satunya museum rokok di Indonesia.

Diantara sekian banyak pabrik atau industri rokok di Kudus, salah satu yang terbesar yaitu PT. Djarum. PT. Djarum didirikan pada tahun 1951 dan hingga sekarang telah banyak mengeluarkan varian-varian baru, antara lain LA Lights, Djarum Super, Djarum 76, Djarum Coklat, Djarum Super Mezzo, Djarum Black Cappuccino, Djarum Black Tea, dan yang terbaru yaitu Djarum Black, Djarum Black Menthol dan Djarum Black Slimz.

Dalam melakukan promosi, PT. Djarum selalu melakukan terobosan-terobosan baru dalam membidik konsumen. Misalnya menggunakan jalur olah raga, musik, teknologi dan lain-lain. Banyak event-event besar berskala nasional yang disponsori oleh PT. Djarum. Demikian juga Djarum Black, yang saat ini menyelenggarakan "Djarum Black Blog Competition-2" yang merupakan suatu kompetisi menulis di kalangan blogger Indonesia. Kompetisi ini sangat menarik dan sangat menantang untuk diikuti karena bisa memacu kreatifitas para blogger untuk terus berkarya.

Bagi rekan-rekan blogger yang juga mengikuti kompetisi ini, saya ucapkan selamat berkompetisi, semoga sukses dan tetap semangat..!!


4 komentar:

asep canda mengatakan...

ikutan lomba ya kang wah keren juga nih serba black heheheheheheh

emsforblack mengatakan...

iya nih kang.. hehe thanks dah komen.. ohya, ntar di akhir kompetisi, ada kejutan buat yang jadi top komen lho..hehe

Unknown mengatakan...

wew trimakasih ilmu n infonya mas, oiya aq udah follow km, follow balik yup... :)

Hanifa Belladona mengatakan...

Kudud sepertinya kota yg eksotik. yg difoto itu menara kudus ya? [salam kenal. komen balik ya]

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar yang membangun, terimakasih