Sabtu, 20 Februari 2010

Tertib Berlalu Lintas, Cermin Kepribadian

Yup, bukan hanya sekedar slogan, Tertib Berlalu Lintas adalah Cermin Kepribadian, dengan kita tertib dalam berlalu lintas, entah itu ada petugas ataupun tidak, secara tidak langsung mencerminkan pribadi diri kita sendiri. Tentunya semua sudah tahu, apalagi anda yang tergabung dalam Black Car Community ataupun Black Motor Community, bahwa dalam berlalu lintas sudah diatur dalam undang-undang. Yang kesemuanya itu ada sanksi terhadap pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan. Segala peraturan yang ada tentunya sudah dibuat sedemikian rupa sehingga dapat membantu serta melindungi para pengguna jalan. Karena itu, mari kita selalu memperhatikan dan mempersiapkan segala sesuatu sebelum berkendara, baik itu yang berupa kelengkapan kendaraan atau mobil, maupun kelengkapan yang ada pada diri kita.
Misalnya, bila kita bepergian menggunakan sepeda motor, periksa dulu kondisi kendaraan, apakah sudah membawa dompet yang berisikan SIM dan STNK? apabila sudah, bawa juga kelengkapan yang menunjang keamanan kita dalam perjalanan. Yang pertama dan yang paling utama adalah helm. Usahakan agar selalu menggunakan helm standart, lalu jacket dan juga sarung tangan. Ketiga kelengkapan ini mungkin bisa dikatakan syarat wajib bagi pengendara sepeda motor. Selain mengikuti peraturan atau menaati peraturan yang ada, juga dapat melindungi diri sendiri dari hal-hal yang tidak diinginkan. Hem.. kiranya lebih kelihatan kereen kalau kelengkapan tersebut, baik helm, jacket maupun kaos tangan ada logonya djarum black...wah.. bisa tambah keren nih, iya kan? hehe.

Ohya, jangan lupa akan undang-undang lalu lintas yang terbaru, yaitu "light on" atau selalu menyalakan lampu baik di malam maupun siang hari. Bila sebelumnya light on disiang hari hanya dianjurkan, sekarang diwajibkan. Jika tidak menyalakan lampu utama di siang hari dipidana dengan pidana kurungan paling lama 15 hari atau denda paling banyak Rp100.000,00 (seratus ribu rupiah).

Hemm, marilah kita mulai dari diri kita sendiri untuk menjadi pribadi yang anggun dengan selalu tertib dalam berlalu lintas.