Selasa, 12 Januari 2010

Kenapa Blogger Enggan Berkomentar?


Yup, sungguh pertanyaan yang menggelitik, kenapa blogger atau lebih tepatnya sebagian blogger enggan berkomentar, padahal dia sudah datang ke blog kita, sudah sempat menulis buku tamu juga. Coba perhatikan blog anda, berapa jumlah pengunjung per hari, lalu berapa komentar yang dituliskan per harinya, dan juga bandingkan jumlah postingan dengan jumlah komentar. Bagi blog-blog newbie alias baru, seperti saya ini, memang masih sedikit komentarnya, tapi tidak menutup kemungkinan, blog yang sudah lama dan terkenalpun masih juga sepi akan komentar. Bahkan blog resmi Djarum Black yang berlamatkan di http://blackoholiczone.blogspot.com/ pun masih juga sepi komentarnya. Ehm, ada apakah gerangan?
Sebelum kita bahas hal tersebut, menurut anda, penting gak sih komentar itu? Kalo boleh saya berpendapat, rasanya akan sangat bangga sekali jika artikel yang kita buat ada yang kasih komentar, apalagi komentarnya yang membangun, kita akan sangat terbantu. Dan kita juga bisa tersenyum kecil ketika membaca komentar yang lucu, hehe.

Trus, kira-kira apa sih alasannya kok blogger enggan berkomentar?. Setahu saya, biasanya sebagian blogger enggan berkomentar dikarenakan hal-hal tertentu, misalnya :
  1. Blogger hanya say hello...katakanlah blogwalking, ngisi pesan di shoutbox, nyenggol $ dan berharap dapet kunjungan balik dan dapat senggolan $ balik juga,  (red: lha mo gimana lagi, warnet bayar, dan kalo gak gitu,kapan dapet ganti $nya ), so.. hampir tidak ada waktu buat baca postingan, apalagi menulis komentar.
  2. Blogger datang, alias blog walking, baca postingan juga, sampe abis... tetapi malas untuk menulis komentar, alasane sepele... ah, ngapain tulis komentar, lha wong nulis koment kok pake ngisi-ngisi kode segala, gak percaya ma temen aja... (hik). Kalo begini sapa yang salah, hayoo..
  3. Blogger tidak tahu menahu tentang isi postingan, baik itu dari segi bahasa ataupun makna secara keseluruhan, gimana mo kasih koment kalo kagak mudeng,hehe
Nah, bila kita sudah tahu alasan-alasan kenapa blogger enggan berkomentar, kita bisa menerapkan trik-trik khusus agar postingan kita dikomentari, misalnya :
  1. Buat postingan yang sangat unik, bermutu, kreatif dan kira-kira belom pernah ada yang mempublikasikannya. Ini cara sportif agar dapat komentar, karena ada efek terkejut membaca postingan anda.
  2. Mudahkanlah dalam pembuatan komentar, misal, hilangkan kode spam atau apalah namanya, saya sendiri kurang tahu. Sehingga dapat menghemat waktu dalam menulis komentar.
  3. Biasakanlah membalas komentar yang masuk ke kotak komentar dengan baik, memuji dan lain sebagainya, sehingga mendorong blogger yang sudah pernah berkomentar untuk dapat kembali berkomentar lagi.
Bila ketiga trik tersebut kita terapkan, tidak menutup kemungkinan postingan kita akan dikomentari, walaupun tidak banyak, yang penting telurnya sudah pecah, hehe. Jujur aja deh, bila artikel atau postingan kita gak ada yang kasih komentar pastinya kita akan sedikit kecewa, kita akan berpikir, wah..artikelku gak menarik ya..gak berbobot ya.. dan lain sebagainya.

Mari kita tanamkan jiwa yang berterimakasih, berterimakasih kepada si empunya blogger atas artikel yang kita baca, dan salah satu cara berterimakasih itu adalah dengan menulis di kotak komentar.





12 komentar:

Arief mengatakan...

pertamax...

ooooo.... jd bgtu yah???
terimakasih sobat atas sarannya...
sarannya benar2 membantu... ;-)
mulai sekaran aku akan memperhatikan orang2 yg telah berkomentar juga...

ayo teman2, tumbuhkan jiwa yg berterimakasih...
salam blogger...!!! ;-)

MASQULIN.BLOGSPOT.COM

suci mengatakan...

waah,,sepertinya blog ini benar2 dirancang untuk mengikuti kompetisi black blog yaa? Saluut..kalo saya tidak akan bisa sekeren ini krn saya masih blogger pemula,,gypula sekarang gy ujian..jd gk smpet posting,,Lam kenal yaa..

Follow blog saya n tuker banner yuk

march mengatakan...

Blog yang bagus. Salam kenal !
Jangan lupa berkunjung ke : www.bimbinganmu.blogspot.com

aaSlamDunk mengatakan...

hooh kang, hehehehe
ane satuju...
ni aku kasi koment lagi dah hehe
seharusnya paling egak kita harus berterimakasih karena sudah boleh masuk dan membca artikel walaupun cuma sekelbat kaya setan lewat hehe

em sholikhan mengatakan...

@ Arief : thanks juga, andai semua blogger seperti kamu...hehe
@ suci : iya, lam kenal balik, oke deh, tak pasang banner kamu, and follow juga :)
@ march : lam kenal balik ya... iya..aku dateng
@ slam : oke deh..komen terus slam..sapa tau kamu bisa jadi top komen...hehe, ada kejutan lho.. buat top koment... tapi..jangan pake syetan ya..haha

Subhan Apriyatna mengatakan...

setuju mas
kayanya pendapat mas bener juga deh....
wah kayanya mulai bsok saya bakalan berkomentar di blog orang dah...

blognya keren mas....
berkunjung ke blogku yaa...
http://www.ubanzholic.co.cc
http://hitamholic.blogspot.com
http://www.ayoberwisata.co.cc

maykdave mengatakan...

cukup menarik isi postingannya.. efek "shock" adalh yang paling utama menurut saya...

Kadri-Blog mengatakan...

Iya, yaaa... Komentar ngabisin waktu juga kali hehehehe... Bravo Bloggerrr...

em sholikhan mengatakan...

@ subhan : wah.. blog kamu banyak banget..hehe
@ maykdave : shock kenapa?
@ kadri : hehe

Qori mengatakan...

Thanks pencerahannya,,,pengunjung gelap berkomentar nih.

MILIETERST mengatakan...

:D bisa aja mas ini... emang mas klo berkunjung ke blog seseorang ngasih komen juga ya ...

sittin mengatakan...

saya pikir, saya sepaham dengan anda. suatu kehormatan tersendiri bilamana orang lain berkenan memberikan komentar karena dipastikan opini orang lain adalah masukan untuk lebih baik. Dan ini patut untuk dicermati dan diperhatikan karena dari orang lain inilah kita bisa berkembang dengan perbaikan.

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar yang membangun, terimakasih