Kamis, 07 Januari 2010

Belajar 3DsMax ternyata asyik lho..!

Yach, bagi anda penggemar grafis, tentu tak asing lagi dengan yang namanya 3Ds Max, ini adalah software pengolah gambar 3 dimensi. Tapi, bagi sebagian orang tentunya banyak yang menganggap bahwa belajar 3D itu susah, ribet dan kalo orang jawa bilang njlimet. Hehe, itulah memang yang terjadi, tapi.. seberapa susahnya kalo kita terus belajar, lama-lama juga akan bisa. Ingatlah..bahwa seorang ahli 3D pun dulunya tidak bisa, iya kan?. Kali ini, saya akan mengajak teman-teman belajar 3D dari yang paling mudah, yaitu membuat tulisan 3dimensi. Nah, yang akan saya buat adalah log Djarum Black, tetapi saya menggunakan font yang hampir hampir mirip, bukan font yang asli digunakan oleh Djarum Black.
Baik, langsung saja buka software 3DsMax nya, kalo yang belum punya, bisa download trial version nya di sini. Berikut ini, tampilan awal 3DsMax
Untuk membuat tulisan atau text, langsung saja menuju toolbar di pojok kanan atas, cari shape lalu klik text, Kemudian muncul kotak isian di bawah tombol text, ketik BL CK, huruf A tidak ditulis, karena nanti menggunakan simbol segi tiga. Atur jenis font menjadi Arial Black. Kemudian arahkan kursor pada layar kerja dan klik kiri mouse posisi front. Lebih jelasnya lihat gambar berikut.
Kemudian klik pada tulisan BL CK menggunakan simbol panah (select object) yang ada di deretan atas lembar kerja. Lihat kanan atas, cari dan klik tombol modify, lalu klik panah yang ada di bawahnya dan klik extrude. Kemudian akan muncul kotak isian di bawahnya, cari parameter > amount dan isikan angka 20. Lihat yang terjadi, otomatis tulisan akan menjadi 3 dimensi.
Untuk membuat segitiga, menggunakan shape > line, lalu buat segitiga pada tampak front, dengan cara klik dan klik di tiga titik, bila muncul kotak pertanyaan close spline, klik yes. Lalu dengan cara seperti sebelumnya, klik segitiga, pilih modify dan klik extrude. Lihat yang terjadi, gambar segitiga sudah menjadi 3D.
Kemudian, cobalah membuat text DJARUM dan tempatkan di atas sebelah kiri, atur ukuran agar menyerupai logo sebenarnya. Kemudian cobalah render dengan cara menekan tombol F9 dari keyboard, atau bisa juga klik menu rendering > render.
Sebenarnya gambar tersebut sudah menunjukkan sebagai tulisan 3D, tetapi masih mentah. Nah, untuk mempercantik tampilannya, perlu ditambahkan efek-efek, yaitu pemberian warna atau disebut material, pemberian cahaya atau lighting dan penggunaan camera. Semuanya terletak pada toolbar di bagian kanan atas. Kira -kira setelah diberi efek, hasilnya akan seperti ini.
Demikianlah, mudah bukan? logo Djarum Black sudah selesai, silahkan anda coba sendiri dulu, lain kali akan saya postingkan cara memberi efek lighting, camera dan lain sebagainya. Ohya, anda juga bisa mendownload file mentah 3DsMax tadi, klik di sini. Terimakasih

BILA ANDA INGIN ORDER DESAIN, 
(www.sholikhan-s.com)


9 komentar:

cucu mengatakan...

Pertamax,,
wah, beda nich yang jago design,, mantap.
Thanks ya tutrialnya..

iphud mengatakan...

mangtabs kang ikutan ngeblack jga :D

em sholikhan mengatakan...

@ cucu & iphud..
thanks ya... bukan jago..tapi baru belajar kok..hehe, iya iphud..gara-gara kamu ikutan ngeblack, aku jadi ikut juga..hehehe

cucu mengatakan...

Black banget lach..

Wandhe Fadilah mengatakan...

wah seru juga nich, wajib coba nich, hehehehehehhe
sekalian follow ah, heheheh ditunggu follow and komentnya yh, hehehehe

FuN-D mengatakan...

Wow, sip bwnget nih, gw udah punya softwarenya, but ngk thu cara mengoprasikannya (ribet bwngt or gw aja yang blo0n..hehe)...thnx yach

Slamet Riyadi mengatakan...

wah aku belum pernah belajar 3D Kang, paling cuma otongshop ma corel trus tambah flash...
nyang laen blon...

minta softwarenya dong kang,atau refernsi buat pinjem gituan, untung2 ada yang gretongan?

em sholikhan mengatakan...

@ slam, baca aja semua tulisan di atas.. ada link untuk donlot trial softwarenya kok.. kalo mau rental ada kok, deket kampus stekom pedurungan..

ƒitri LaskarHijab mengatakan...

wew.. nice.. nih...
piet juga suka otak atik graphics tp blum bisa yang 3 dimensi....
bole dunkss ka,
master nya 3D max...
buad ikut belajar....
pengen euy.....

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar yang membangun, terimakasih